Mutu PT di Indonesia belum Merata

Media Indonesia, halaman 23

Mutu pendidikan tinggi (PT) maupun program studi yang ada saat ini belum pada kondisi ideal. Masih tampak disparitas jika dilihat dari hasil akreditasi PT maupun program studi (prodi). Data Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dan Dikti) menunjukkan dari 4.472 perguruan tinggi di Indonesia, baru 50 PT yang telah berakreditasi A, dan prodi yang terakreditasi A sebanyak 2.512, atau hanya 12% dari total 20.254 prodi yang telah terakreditasi.

Direktur Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristek dan Dikti, Aris Junaidi, mengatakan ada korelasi erat antara akreditasi PT dan prodi dengan kompetensi lulusan. Data Dikti pada Maret 2017 menyebutkan, ada 124 PT negeri, 3.127 PT swasta, dan 175 PT milik kementerian/lembaga, 968 perguruan tinggi agama Islam swasta (PTAIS), dan 78 perguruan tinggi agama Islam negeri (PTAIN).

Dari jumlah tersebut, data Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT menyebutkan hanya 1.131 PT yang terakreditasi, dengan rincian 50 PT terakreditasi A, 345 PT terakreditasi B, dan 736 PT terakreditasi C. Sisanya sebanyak 7.829 belum terakreditasi. Berangkat dari masalah tersebut, Direktorat Jenderal Penjaminan Mutu, Kemenristek dan Dikti merancang program prioritas untuk meningkatkan mutu PT dan kompetensi lulusan PT di Indonesia.

Program tersebut ialah Program Asuh PT Unggul, Program Penguatan Kopertis, Klinik Sistem Penjaminan Mutu Internal, dan Kompetensi Lulusan. Program tersebut menjadi tugas PT yang memiliki prodi yang sudah unggul. PT tersebut diminta mengusulkan proposal untuk ditetapkan sebagai PT Unggul Pengasuh

Pada 2017, dari 34 proposal yang masuk, Direktorat Penjaminan Mutu menetapkan 26 PT Asuh akan mengasuh satu hingga tiga PT Asuhan, masing-masing akan membina 20 prodi. Aris menjelaskan bahwa keuntungannya PT dapat berbagi pengalaman. PT yang akreditasinya sudah bagus bisa membina PT lain supaya bisa mandiri dan meningkatkan mutu. Ada kompensasi dan honorarium dari anggaran hibah untuk jasa profesi dari PT yang membina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s