Kemensos Bangun Pusat Riset Anak Jalanan

Republika, halaman 5

Kementerian Sosial bekerja sama dengan Yayasan Tahir Foundation akan membangun pusat riset untuk penyandang masalah kesejahteraan sosial. Hal ini sesuai komitmen Yayasan Tahir Foundation untuk menuntaskan anak jalanan di Indonesia.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, Senin (21/3), mengatakan, sebetulnya Kemensos memiliki program dimana pada akhir 2017 Indonesia bebas anak jalanan. Kemensos juga melihat adanya risiko tambahan yang dialami anak-anak jalanan yaitu eksploitasi seksual. Tak hanya itu, Indonesia juga kini dikagetkan dengan sejumlah anak-anak yang hilang dan terindikasi bahwa organ-organ tubuh mereka diperjualbelikan.

Sementara itu, Yayasan Tahir Foundation telah menyiapkan dana sebesar Rp 100 miliar sebagai tahap awal untuk pembangunan pusat riset tersebut. CEO Yayasan Tahir Foundation Dato Sri Tahir mengatakan, pusat riset ini diharapkan bisa bekerja dengan komprehensif dan mampu menyelesaikan masalah anak jalanan dengan tuntas.

Tahir menjelaskan, model pusat riset ini nanti di dalamnya ada sekolah vokasi yang memberikan pelatihan, dan pendidikan sampai tingkat sekolah menengah atas. Hal ini dilakukan agar anak-anak jalanan bisa betah, sehingga pusat riset tersebut tak hanya sekadar sebagai tempat untuk memberikan pelatihan tetapi juga tempat tinggal. Tahir menambahkan, program yang akan dibangun bersifat efektif, jangka panjang, dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s